MAKALAH
Bahasa Arab III
FI’IL
Dosen Pengampu : Rudi Zulpianto, M.Pd
Disusun Oleh :
Gustina Riski Tari
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
MAMBA’UL ULUM KOTA JAMBI
2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniannya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah berisi tentang” Fi’il ” tepat pada waktunya.
Kami berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca dan dapat digunakan sebagai salah satu pedoman dalam proses belajar.
Kami menyadari bahwa makalah ini banyak kekurangan karena pengetahuan yang kami miliki masih terbatas. Oleh karena itu, kami berharap kritik dan saran bagi pembaca yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah kami ini.
Jambi, April 2020
` Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... .... i
DAFTAR ISI.................................................................................................. .... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .............................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah ....................................................................................... 1
C. Tujuan.......................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Fi’il Madhi...................................................................................... 3
B. Contoh Fi’il Madhi...................................................................................... .... 4
C. Fi’il Mudhari’................................................................................................... 5
D. Contoh-contoh Fi’il Mudhari’..................................................................... .... 6
E. Fi’il Amr........................................................................................................... 7
F. Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad................................................. .... 7
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ..................................................................................................... 10
B. Saran ................................................................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kalimah adalah suatu susunan dari beberapa huruf hijaiyah yang mempunyai arti/makna, kalimah dibagi menjadi tiga yaitu kalimah isim (kata yang menujukkan arti suatu benda yang tidak di sertai waktu dan tempat), kalimah fi’il (kata kerja) dan kalimah huruf (kata yang tidak mampu berdiri sendiri kecuali jika dirangkai dengan kata yang lain). Jika kalimah itu di masuki ‘amil maka ada yang akan terjadi suatu perubahan pada kalimat tersebut,dan pula ada yang tetap.
Dalam bahasa Arab terdapat pula Kalimat Fi’il yaitu kata yang menunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa yang terjadi pada suatu masa atau waktu tertentu (lampau, sekarang dan yang akan datang).
i’il Madhi itu menunjukkan kata kerja di masa lampau, Fi’il Mudhari’ iitu menunjukkan kata kerja di masa sekarang atau masa yang akan datang, sedangkan Fi’il Amr itu menunjukkan kata kerja bentuk perintah.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Fi’il Madhi?
2. Bagaimana Contoh Fi’il Madhi?
3. Apa yang dimaksud Fi’il Mudhari’?
4. Apa saja Contoh-Contoh Fi’il Mudhari’?
5. Apa pengertian Fi’il Amr?
6. Bagimana Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian Fi’il Madhi
2. Agar mengetahui Contoh Fi’il Madhi
3. Untuk mengetahui pengertian Fi’il Mudhari’
4. Dapat mengetahui Contoh-Contoh Fi’il Mudhari’
5. Untuk mengetahui pengertian Fi’il Amr
6. Dapat mengetahui Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Fi’il Madhi
Fi’il madhi adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang telah terjadi di masa lampau. Dengan kata lain pekerjaan tersebut telah/sudah dilaksanakan, baik dilaksanakan baru saja, tadi, kemarin, satu bulan yang lalu, atau satu tahun yang lalu dan seterusnya.
Arti | Contoh Kalimat |
Saya telah membaca buku | قَرَأْتُ الْكِتَابَ |
Anak laki-laki itu telah bermain bola | لَعِبَ الْوَلَدُ الْكُرَّةَ |
Azizah telah pergi ke Perpustakaan | ذَهَبَتْ عَزِيْزَةُ إِلَى الْمَكْتَبَتِ |
Nabila dan Khodijah adalah mahasiswa Universitas itu. Mereka berdua telah belajar bahasa Arab | نَبِيْلَةُ وَخَادِجَةُ طَالِبَتَانِ فِيْ تِلْكَ الْجَا مٍعَةِ وَهُمَا قَدْ دَرَسَا لُغَةَ الْعَرَ بِيَّةِ |
Bayi itu telah mengantuk dikAmrnya | نَعَسَ الطِفْلُ فِي حُجْرَ تِهِ |
Jika diperhatikan, perubahan fi’il madhi akan terlihat berbeda diakhirnya sesuai dhamir-nya (kata ganti). Hal ini dapat digambarkan dalam table berikut:[1]
Arti | Fi’il Madhi | Dhamir |
Dia laki-laki telah mendengar | سَمِعَ | هُوَ |
Dia (2 orang) laki-laki telah mendengar | سَمِعَا | هُمَا |
Dia (jama’) laki-laki telah mendengar | سَمِعُوا | هُمْ |
Dia Perempuan telah mendengar | سَمِعَتْ | هِيَ |
Dia (2 orang) perempuan telah mendengar | سَمِعَتَا | هُمَا |
Dia (jama’) perempuan telah mendengar | سَمِعْنَ | هُنَّ |
Kamu (laki-laki) telah mendengar | سَمِعْتَ | اَنْتَ |
Kamu (2 orang laki-laki) telah mendengar | سَمِعْتُمَا | اَنْتُمَا |
Kamu (jama’ laki-laki) telah mendengar | سَمِعْتُمْ | اَنْتُمْ |
Kamu (Perempuan) telah mendengar | سَمِعْتِ | اَنْتِ |
Kamu (2 orang Perempuan) telah mendengar | سَمِعْتُمَا | اَنْتُمَا |
Kamu (jama’ perempuan) telah mendenger | سَمِعْتُنَّ | اَنتُنَّ |
Saya telah mendengar | سَمِعْتُ | اَنَا |
Kami/ Kita telah mendengar | سَمِعْنَا | نَحْنُ |
B. Contoh Fi’il Madhi
Telah Memasak | Telah Mengantuk | Telah Menulis | Telah Mendengar | Dhamir |
شَجُعَ | نَعَسَ | كَتَبَ | سَمِعَ | هُوَ |
شَجُعَا | نَعَسَا | كَتَبَا | سَمِعَا | هُمَا |
شَجُعُوا | نَعَسُوا | كَتَبُوا | سَمِعُوا | هُمْ |
شَجُعَتْ | نَعَسَتْ | كَتَبَتْ | سَمِعَتْ | هِيَ |
شَجُعَتَا | نَعَسَتَا | كَتَبَتَا | سَمِعَتَا | هُمَا |
شَجُعْنَ | نَعَسْنَ | كَتَبْنَ | سَمِعْنَ | هُنَّ |
شَجُعْتَ | نَعَسْتَ | كَتَبْتَ | سَمِعْتَ | اَنْتَ |
شَجُعْتُمَا | نَعَسْتُمَا | كَتَبْتُمَا | سَمِعْتُمَا | اَنْتُمَا |
شَجُعْتُمْ | نَعَسْتُمْ | كَتَبْتُمْ | سَمِعْتُمْ | اَنْتُمْ |
شَجُعْتِ | نَعَسْتِ | كَتَبْتِ | سَمِعْتِ | اَنْتِ |
شَجُعْتُمَا | نَعَسْتُمَا | كَتَبْتُمَا | سَمِعْتُمَا | اَنْتُمَا |
شَجُعْتُنَّ | نَعَسْتُنَّ | كَتَبْتُنَّ | سَمِعْتُنَّ | اَنْتُنَّ |
شَجُعْتُ | نَعَسْتُ | كَتَبْتُ | سَمِعْتُ | اَنَا |
شَجُعْنَا | نَعَسْنَا | كَتَبْنَا | سَمِعْنَا | نَحْنُ |
C. Fi’il Mudhari’
Fi’il Mudhari’ adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang sedang atau akan terjadi. Dengan kata lain pekerjaan tersebut sedang dilaksanakan atau akan dilaksanakan.
Arti | Contoh Kalimat |
Saya sedang/ akan membaca buku | اَقْرَأُ الْكِتَبَ |
Anak laki-laki itu sedang/ akan bermain bola | يَلْعَبُ الْوَالَدُ الكُرَّةَ |
Azizah sedang/ akan pergi ke Perpustakaan | تَذْهَبُ عَزِيْزَةُ إِلَىَ الْمَكْتَبَةِ |
Nabila dan Khodijah sedang/ akan belajar bahasa Arab | نَبِيْلَةُ وَخَادِجَةُ طَالِبَتَانِ فِيْ تِلْكَ الْجَمِعَةِ وَهُمَا تَدْرُسَانِ لُغَةَ الْعَرَبِيَّةِ |
Bayi itu sedang/ akan mengantuk di kAmrnya | يَنْعَسُ الطِفْلُ فِي حُجْرَتِهِ |
Jika diperhatikan, perubahan Fi’il Mudhari’ akan terlihat berbeda-beda di akhir kata sesuai dhamir-nya (kata ganti). Perubahan pada fi’il mudhari’ akan terlihat pada huruf mudhara’ah yang digunakan di awal dan akhir fi’il nya. Adapun huruf mudhara’ah adalah 4 huruf hijaiyyah yang berbeda dalam fi’il mudhari’, huruf tersebut adalah ن dan ا, ي, ت.[2]
Arti | Fi’il Madhi | Dhamir |
Dia laki-laki sedang/ akan mendengar | يَسْمَعُ | هُوَ |
Dia (2 orang) laki-laki sedang/ akan mendengar | يَسْمَعَانِ | هُمَا |
Dia (jama’) laki-laki/ akan mendengar | يَسْمَعُوْنَ | هُمْ |
Dia Perempuan sedang/ akan mendengar | تَسْمَعُ | هِيَ |
Dia (2 orang) Perempuan sedang/ akan mendengar | تَسْمَعَانِ | هُمَا |
Dia (jama’) Perempuan sedang/ akan mendengar | يَسْمَعْنَ | هُنَّ |
Kamu (laki-laki) sedang/ akan mendengar | تَسْمَعُ | اَنْتَ |
Kamu (2 orang laki-laki) sedang/ akan mendengar | تَسْمَعَانِ | اَنْتُمَا |
Kamu (jama’ laki-laki) sedang/ akan mendengar | تَسْمَعُوْنَ | اَنْتُمْ |
Kamu (perempuan) sedang/ akan mendengar | تَسْمَعِيْنَ | اَنْتِ |
Kamu (2 orang Perempuan) sedang/ akan mendengar | تَسْمَعَانِ | اَنْتُمَا |
Kamu (jama’ perempuan) sedang/ akan mendenger | تَسْمَعْنَ | اَنتُنَّ |
Saya sedang/ akan mendengar | اَسْمَعُ | اَنَا |
Kami/ Kita sedang/ akan mendengar | نَسْمَعُ | نَحْنُ |
D. Contoh-contoh Fi’il Mudhari’
Sedang/ akan Memasak | Sedang/ akan duduk | Sedang/ akan Menulis | Sedang/ akan mendengar | Dhamir |
يَطْبَخَ | يَجْلِسُ | يَكْتُبُ | يَسْمَعُ | هُوَ |
يَطْبَخَانِ | يَجْلِسَانِ | يَكْتُبَانِ | يَسْمَعَانِ | هُمَا |
يَطْبَخُونَ | يَجْلِسُونَ | يَكْتُبُوْنَ | يَسْمَعُوْنَ | هُمْ |
تَطْبَخُ | تَجْلِسُ | تَكْتُبُ | تَسْمَعُ | هِيَ |
تَطْبَخَانِ | تَجْلِسَانِ | تَكْتُبَانِ | تَسْمَعَانِ | هُمَا |
يَطْبَخْنَ | تَجْلِسْنَ | يَكْتُبْنَ | يَسْمَعْنَ | هُنَّ |
تَطْبَخُ | تَجْلِسُ | تَكْتُبُ | تَسْمَعُ | اَنْتَ |
تَطْبَخَانِ | تَجْلِسَانِ | تَكْتُبَانِ | تَسْمَعَانِ | اَنْتُمَا |
تَطْبَخُونَ | تَجْلِسُونَ | تَكْتُبُوْنَ | تَسْمَعُوْنَ | اَنْتُمْ |
تَطْبَخِيْنَ | تَجْلِسِيْنَ | تَكْتُبِيْنَ | تَسْمَعيْنَ | اَنْتِ |
تَطْبَخَانَ | تَجْلِسَانِ | تَكْتُبَانِ | تَسْمَعَانِ | اَنْتُمَا |
تَطْبَخْنَ | تَجْلِسْنَ | تَكْتُبْنَ | تَسْمَعْنَ | اَنْتُنَّ |
اَطْبَخُ | اَجْلِسُ | اَكْتُبُ | اَسْمَعُ | اَنَا |
نَطْبَخُ | نَجْلِسُ | نَكْتُبُ | نَسْمَعُ | نَحْنُ |
E. Fi’il Amr
Fi’il amr atau kata kerja perintah yang berisi pekerjaan yang dikehendaki oleh mutakallim (pembicara) sebagai orang yang memerintahkan agar dilakukan oleh mukhatab (lawan bicara) sebagai orang yang diperintah.
Perlu diingat bahwa yang menjadi fa’il (Pelaku) dari fi’il amr adalah dhamir mukhatab (lawan bicara) atau “orang kedua” sebagai orang yang diperintah untuk melakkukan pekerjaan tersebut. Dhamir mukhatab tersebut adalah: اَنْتَ, اَنْتُمْ, اَنْتُمَا, اَنْتِ, اَنْتَ
Arti | Contoh Kalimat |
Pergilah (kamu laki-laki) ke masjid! | اِذْهَبْ اِلَى الْمَسْجِدِ |
Beramal lah (kalian) untuk akhirat kalian! | اِعْمَلَا لِأَخِرَتِكُمَا |
Sayangilah (kamu perempuan) ibumu! | أَخِبِّي أُمِّكَ |
Bacalah (kalian laki-laki) buku ini! | اِقْرَئُوا هَذَا الْكِتَابَ |
Duduklah (Kamu laki-laki) wahai saudaraku! | اِجْلِسْ يَاأَخِيْ |
F. Cara membuat Fi’il Amr Tsulatsi Mujarrad
Cara membuat fi’il amr bagi fi’il yang asli tiga huruf ialah berpedoman kepada fi’il mudhari’-nya dengan ketetuan sebagai berikut:[3]
1. Huruf ya (ي) mudhara’ah yang terletak di awal fi’il diganti dengan alif (أ). Adapun harakat (tanda baca alif ini memiliki beberapa ketentuan: 1) apabila huruf kedua terakhir fi’il ber-harakat dhammah, maka alif ber-harakat dhammah, dan 2) apabila huruf kedua terakhir fi’il ber-harakat kasrah dan fathah, maka alif ber-harakat kasarah.
Contoh:
Fi’il Amr | Fi’il Mudhari’ | Fi’il Madhi |
اُكْتُبْ | يَكْتُبُ | كَتَبَ |
اِجْلِسْ | يَجْلِسُ | جَلَسَ |
اِذْهَبْ | يَذْهَبُ | ذَهَبَ |
2. Apabila setelah huruf ya’ (ي) mudhara’ah adalah huruf hijaiyyah yang ber-harakat baik kasrah, fathah atau dhammah, untuk merubahnya menjadi fi’il amr huruf ya’ dihapus tanpa diganti dengan alif, serta huruf ‘illat (أ – و - ي) yang ada pada fi’il mudhari’ juga dihapus.
Contoh:
Fi’il Amr | Fi’il Mudhari’ | Fi’il Madhi |
قُلْ | يَقُوْلُ | قَالَ |
نَمْ | يَنَامُ | نَامَ |
3. Apabila setelah dibuang ya Mudhara’ahnya huruf pertamanya merupakan hamzah yang berharokat sukun, maka dapat mengikuti cara pertama atau mengikuti cara kedua dengan menghilangkan hamzah yang berharokat sukun.
Contoh:
Fi’il Amr | Fi’il Mudhari’ | Fi’il Madhi |
كُلْ | يَأْكُلُ | أَكُوْلُ |
أُأْمُرْ / مُرْ | يَأْمُرُ | أَمَرَ |
Perhatikan contoh-contoh dengan seksama:
Fi’il Amr | Fi’il Mudhari’ | Fi’il Madhi | Dhamir |
- | يَكْتُبُ | كَتَبَ | هُوَ |
- | يَكْتُبَانِ | كَتَبَا | هُمَا |
- | يَكْتُبُوْنَ | كَتَبُوْا | هُمْ |
- | تَكْتُبُ | كَتَبَتْ | هِيَ |
- | تَكْتُبَانِ | كَتَبَتَا | هُمَا |
- | يَكْتُبْنَ | كَتَبْنَ | هُنَّ |
اَكْتُبْ | تَكْتُبُ | كَتَبْتَ | اَنْتَ |
اُكْتُبَا | تَكْتُبَانِ | كَتَبْتُمَا | اَنْتُمَا |
اُكْتُبُوا | تَكْتُبُوْنَ | كَتَبْتُمْ | اَنْتُمْ |
اُكْتُبِيْ | تَكْتُبِيْنَ | كَتَبْتِ | اَنْتِ |
اُكْتُبَا | تَكْتُبَانِ | كَتَبْتُمَا | اَنْتُمَا |
اُكْتُبْنَ | تَكْتُبْنَ | كَتَبْتُنَّ | اَنْتُنَّ |
- | اَكْتُبُ | كَتَبْتُ | اَنَا |
- | نَكْتُبُ | كَتَبْنَا | نَحْنُ |
Berdasarkan contoh diatas dapat dipahami bahwa ketentuan-ketentuan berikut:
1. Fi’il amr ber-dhamir اَنْتَ huruf akhir fi’il di-harakt-i dengan sukun (ْ).
2. Fi’il amr ber-dhamir اَنْتِ huruf akhir fi’il di-harakat-i dengan kasrah dan ditambahi huruf ya’ sukun (يْ).
3. Fi’il amr ber-dhamir اَنْتُمَا huruf akhir fi’il di-harakat-i dengan fathah dan ditambahi dengan alif (ا).
4. Fi’il amr ber-dhamir اَنْتُمْ huruf akhir fi’il di-harakat-i dengan dhammah dan ditambahi dengan waw sukun (وْ).
5. Fi’il amr ber-dhamir اَنْتُنَّ huruf akhir fi’il di-harakat-i dengan sukun dan ditambahi huruf nun ber-harakat fathah (نَ).[4]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Fi’il madhi adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang telah terjadi di masa lampau.
2. Fi’il Mudhari’ adalah setiap kata kerja yang menunjukkan pekerjaan yang sedang atau akan terjadi.
3. Fi’il amr atau kata kerja perintah yang berisi pekerjaan yang dikehendaki oleh mutakallim (pembicara) sebagai orang yang memerintahkan agar dilakukan oleh mukhatab (lawan bicara) sebagai orang yang diperintah.
B. Saran
Berdasarkan pembahasan diatas kita dapat mengetahui kata ganti kepemilikan atau macam-macam fi’il. Kita sebagai mahasiswa diharapkan agar dapat dan mampu memahami apa pengertian, dan masing-masing kata kerja (fa’il) tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Nawang Wulandari, Belajar Bahasa Arab Asyik dan Menyenangkan 2, (Metro: CV. Laduni Alifatama, 2018), Cetakan Kedua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar